Cara Mudah Mencari BPM Dengan Cubase 5


Tutorial ini adalah cara saya mencari BPM (dengan Tempo 4/4) dan berhasil. BPM sebuah lagu berubah-ubah dari awal sampai akhir, tapi perubahannya hanya kecil misalnya 75.00, 76.50, 74.88.

Lagu yang saya pakai adalah : 
Mulan Jameela – Aku Cinta Kau Dan Dia.

Untuk bisa mengikuti tutorial ini pastikan kalian mengetahui lagu tersebut
1.    Buka aplikasi Cubase 5
       SNAGHTML794e02
      image
      Matikan Snap on/off, Grid Type: Bar, Quatize Type: 1/32
2.   Import audio file
      image
      Pada menu, klik File > Import > Audio File…
     SNAGHTML974b73
      Saya pilih Mulan Jameela – Aku Cinta Kau Dan Dia
      klik OK
      SNAGHTML995717
      Klik OK
      image
3.   Hidupkan Metronome
      image
      Klik tombol CLIK
4.   Tekan Tombol Play pada transport bar atau tekan SPASI pada keyboard
5.   Pada BPM default: 120, dengarkan dan hafalkan pola drum nya,
      ulangi beberapa kali jika perlu
     2
     Saya akan mengambil 2 bar terserah di bagian yang mana saja dari lagu tersebut,
     yang penting pastikan itu adalah sebuah loop dengan panjang dua bar
   
     Untuk tutorial ini saya akan ambil loop dengan panjang 2 bar setelah intro
     -- tac tac tac dug tac dug dug tac dug dug tac dug dug tac dug dug
     Abaikan yang warna merah perhatikan saja yang warna biru

      geser dan posisikan file seperti pada gambar diatas, dug pertama pada angka 2
      dan harusnya dug terakhir ada pada angka 4
     
      Rubah rubah BPM nya sampai angka 4 pas di dug terakhir
      Akhirnya saya dapatkan BPM-nya, yaitu kurang lebih160
      5
      
4.   Karena BPM sebuah lagu tidak sama dari awal sampai akhir, buat Metronome Track
      image
      Pada Menu, klik Project > Add Track > Tempo
      6
      Hidupkan Tempo Track
      Pada kolom sebelah kiri adalah BPM default: 120 pada point 1.1.1.0
      Karena BPM awal adalah 160 maka rubah  BPM-nya
      dobel klik kiri mouse pada angka 120.000 ganti dengan 160.000
     
      Untuk menambahkan BPM baru, misalnya pada angka 2,
      klik kiri mouse pada garis biru tempo track lurus pada angka 2

      8
     


7




      klik OK
      kemudian klik lagi garis biru tempo track

      10
      Cek BPM lagu dari awal sampai akhir
      Lebih mudahnya cari dengan interval 2 bar, terus sampai akhir lagu
     
      Winking smileDEMIKIAN TUTORIAL SEDERHANA DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sepuluh Langkah Membuat Warnet